Cognitive Behavior Therapy

Apa itu CBT (Cognitive Behavior Therapy) ?

CBT adalah salah satu bentuk psikoterapi yang sifatnya terfokus bahwa gangguan psikologis yang muncul disebabkan dysfunctional thinking. Perasaan dan perilaku individu dipengaruhi bagaimana ia menginterpretasikan pengalamannya. Memodifikasi dysfunctional thinking memberikan efek perbaikan pada gejala yang mengganggu

Mengapa CBT  ?

Menjadi salah satu metode yang evidence based , banyak sekali riset yang membuktikan efikasi dari CBT. Penelitian tidak hanya dari area psikologi, tapi juga merambah ke ranah neurobiologis ” …And several researchers have demonstrated that there are neurobiological changes associated with cognitive behavior therapy treatment for various disorders (see, e.g., Goldapple et al., 2004).

825df2_8457bdd43c16445e881a88b3ea42d261_mv2.png

Bagaimana gambaran sesi CBT  ?

Diawal sesi, terapis akan memberikan edukasi mengenai apa itu Cognitive Behavior Therapy dan bagaimana dinamika permasalahan psikologis dilihat dari sisi CBT. Termasuk didalamnya adalah menentukan goals dari program treatment secara kolaboratif antara terapis dan pasien. Berikutnya pada setiap sesi, terapis akan memulai dengan menentukan agenda sesi, lalu membahasnya dengan mengidentifikasi dysfunctional thinking dan melatih pasien untuk meresponsnya secara adaptif. Terapis dan pasien secara kolaboratif untuk mencari problem-solving dan mendiskusikan apa yang bisa dilakukan di rumah oleh pasien. Secara bertahap, pasien akan belajar dan berlatih bagaimana mengaplikasikan CBT, sehingga akan membentuk keterampilan untuk bisa diguanakan sepanjang hidupnya.

Berapa lama kita butuh sesi CBT  ?

Beberapa pasien dengan masalah yang tidak terlalu kompleks, biasanya hanya butuh beberapa sesi. Disisi lain, jika kasusnya lebih kompleks, maka akan membutuhkan periode treatment yang lebih panjang. Akan tetapi, biasanya sesi akan dimulai mingguan (satu minggu sekali), ketika pasien merasa lebih baik, terapis dan pasien bersama-sama berkolaborasi untuk memutuskan perubahan frekuensi secara bertahap. Bisa berubah menjadi dua minggu sekali, sampai nanti beberapa bulan sekali.