Firman Ramdhani, M.Psi., Psikolog

2.png

Firman Ramdhani adalah psikolog klinis asal Indonesia. Ia pernah bekerja di RS Brawijaya Duren Tiga dan Personality Development Center, keduanya berlokasi di Jakarta Selatan. Ia juga dosen Fakultas Psikologi di Universitas Al Azhar, Jakarta, dan terdaftar sebagai Manajer Kasus di Panti Rehabitiasi Narkoba Kemensos Galih Pakuan, Bogor. Firman Ramdhani juga aktif membantu berbagai komunitas kesehatan mental dan saat ini sedang mengembangkan platform kesehatan mentalnya sendiri, www.mindandbrain.id yang sekarang berubah menjadi MIND INSTITUTE
 

Ia lulus sebagai psikolog klinis di tahun 2013 dari Universitas Indonesia, Depok. Ia mulai mempelajari Cognitive Behavior Therapy tahun 2016, dibawah supervisi Ray Zairaldy, S.Psi dan Insan Firdaus, M.Psi., Psikolog dari Cognitive-Based Recovery Center. Ia juga mengampuh kursus terapi kognitif dari Cleveland Center for Cognitive Therapy oleh James Pretzer Ph,D dan Barbara Flemming Ph,D di tahun 2018, dan berencana meneruskan gelar diplomat dari A-CBT dan sertifikasi dari Beck Institute.

Firman Ramdhani telah bekerja dengan berbagai kasus gangguan psikologis, seperti kecemasan, depresi, gangguan bipolar, gangguan penggunaan zat, dan skizofrenia. Dalam pekerjaannya, ia juga membantu keluarga-keluarga klien dalam mengembangkan sistem dukungan yang sehat ketika pasien sedang menjalani perawatan. Dari pengalaman ini, ia mengembangkan minat dalam aplikasi Cognitive Behavior Therapy dalam bidang-bidang pola asuh.