top of page

💬 CBT with Islamic Values

Tidak hanya untuk muslim, Islamic Values bisa berlaku secara universal. Bagaimana bentuk integrasi CBT dan Islamic Values ? Pelajari di halaman ini..!

Apa itu CBT (Cognitive Behavior Therapy) with Islamic Values ?

...... Agama Islam adalah way of life yang memang sudah disiapkan untuk umat akhir zaman sampai kiamat nanti. Dengan menjadikan nilai-nilainya sebagai sebuah arah atau direction, insya Allah akan sangat powerful. Value sendiri adalah “way of doing and being” (atau prinsip untuk melakukan sesuatu dan kualitas yang diinginkan individu dari dirinya) yang dipilih oleh seseorang. Ketika seseorang sudah memahami apa yang ia ingin lakukan dan kualitas apa yang ia ingin miliki, maka teknik CBT akan membantunya lebih cepat improve. Jikapun, ia belum menjadikan Islamic Values sebagai arah hidupnya, tidaklah mengapa. Terapis bisa tetap menggunakannya tanpa harus secara gamblang menyebutkannya. Solusi yang diberikan Sang Pencipta manusia pastinya sudah sangat sesuai dengan karakter makhluknya tersebut.

...... Menurut CBT “Just because you think something, doesn’t necessarily means it’s true”, sehingga CBT akan sangat terfokus membuat klien menyadari dan belajar mengubah cara berpikirnya. Dalam terapi, klien akan dilatih untuk terbiasa aktif melakukan pertimbangan, analisis, mengingat, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, sebagai seorang muslim kita pasti sangat sensitif terhadap ayat Al-Qur’an yang berbunyi “Tidaklah kamu berpikir”, “Tidaklah kamu mengambil pelajaran”, ”Tidaklah kamu mengingat”, dan yang sejenis lainnya. Total kurang lebih ada ratusan ayat di mana Allah ﷻ menyuruh hambanya untuk berpikir dan melakukan aktivitas intelektual lainnya (seperti tadabbur, tafakkur, tawassum, dan masih banyak lagi). Hal ini disebabkan Allah ﷻ mengetahui persis bahwa sumber masalah bagi manusia adalah cara berpikirnya sendiri. Masalah dalam hal ini tidak terkotakkan dalam aspek psikologis, tapi juga perihal keimanan. .....

Baca selengkapnya dibawah ini...

bottom of page